Jenis-Jenis Bahan Spanduk Kain

Jenis-Jenis Bahan Spanduk Kain, Pusat Spanduk Kencana Print menyediakan berbagai macam bahan spanduk kain dimana bahan kain ini merupakan bahan atau media pembuatan spanduk berbahan kain yang banyak di gunakan di industri pembuatan Spanduk, Banner, Umbul-umbul, Baliho, layar toko, papan nama.

Jenis Bahan Kain Spanduk

Bahan Kain Spanduk TC 1,
Bahan kain spanduk dan umbul-umbul TC 1 dengan konstruksi yang sering digunakan sebagai kain bahan spanduk seperti konstruksi 60/40 untuk hasil yang tahan lama dan kuat.

Bahan Kain Spanduk TC 2,
Bahan kain spanduk TC2 banyak digunakan untuk keperluan kain spanduk, umbul-umbul, Bendera dan lain-lain.

Bahan Spanduk Poly A,
Bahan kain spanduk poly A memiliki kontruksi 50×46 dengan lebar kain 120 cm atau 96 cm. Bahan Spanduk Poly lebih murah dibanding dengan bahan spanduk TC, sehingga cocok digunakan untuk even jangka pendek dengan pemakaian jumlah.

Bahan Spanduk Poly B
Bahan kain spanduk poly B memiliki  kontruksi 50×34 dengan lebar kain 120 cm atau 96 cm. Bahan Poly B ini bisa digunakan untuk membuat spanduk umbul-umbul dalam even jangka pendek karena harganya yang murah dibanding dengan jenis bahan sebanduk yang lainnya.


Sablon spanduk kain manual dengan bahan kin tc memiliki Kelebihan warna yang lebih cerah dan solid di banding cetak digital printing kain tc, ini di karenakan jenis tinta pasta Kental / extender yang digunakan serta pengaplikasian dengan cara di gesut / ditekan manual pada screen menggunakan rakel dengan tenaga manusia,sehingga tinta meresap kedalam pori2 kain

Sedangkan untuk proses digital printing kain tc adalah dengan cara kain di masukan langsung kedalam mesin,istilahnya direct to garmen,dimana cara kerja printer dengan Sistem nozzle semprot yang hanya mengena dipermukaan sehingga tinta tidak maksimal meresap pada pori2 kain dan tinta yang di pergunakan memakai tinta jenis sublime yang sifatnya lebih cair/encer daripada tinta sablon.

Namun dapat digaris bawahi,keuntungan spanduk dan umbul-umbul proses digital printing kain tc tidak ada persyaratan  order dalam jumlah banyak dan waktu proses yang lama seperti proses sablon spanduk kain pada umumnya,karena memang proses pra cetaknya sangat singkat serta tidak diperlukan film yang biayanya cukup mahal seperti halnya sablon spanduk kain

Untuk proses sablon spanduk kain dengan desain full separasi di perlukan film yang memakan biaya cukup mahal,oleh karena itu perlu di imbangi dengan jumlah dari ordernya dan ada pertimbangan apakah film tersebut akan digunakan lagi pada design selanjutnya.

Tetapi dengan proses digital printing kain tc tidak ada biaya film,yang artinya bila spanduk atau umbul-umbul tersebut memiliki desain full separasi,bisa di cetak dengan jumlah sedikit dengan waktu yang singkat tanpa Pertimbangan biaya film dan waktu pra cetak yang cukup lama.

Disamping itu ada pertanyaan konsumen mengenai kedua proses tersebut yaitu apakah luntur atau tidaknya tinta pada spanduk atau umbul-umbul bila terkena air hujan,mengingat bahwa pemasangannya untuk luar ruangan/outdoor dan karena memang jenis tintanya berbeda di kdea proses tersebut

Tinta untuk sablon manual dibuat sendiri,salah satu campurannya obat sablon adalah binder yang berguna untuk pengental dan pengikat/penguat tinta,sedangkan untuk tinta proses digital printing kain menggunakan tinta dari suplier langsung.

Terkait dengan pertanyaan tersebut jawabannya adalah di proses akhir/ finishing,pada proses sablon dan printing kain sama-sama di lakukan proses curing/dipanaskan pada suhu tertentu oleh mesin roller heater sehingga tinta akan lebih melekat kuat pada kain tetapi efek lainnya saat proses pemanasan akan membuat panjang dan lebar kain tersebut menyusut.Penyusutan pada proses digital printing kain tc akan lebih banyak daripada sablon manual,ini di karenakan selama proses sablon kain akan di tarik kuat agar posisi kain tidak berubah yang berguna untuk menyesuaikan masukan warna dan pertemuan warna dari desain tersebut yang harapanya tidak terlalu banyak meleset,sedangkan proses printing tidak di tarik karena tidak diperlukan penyesuaian angle untuk masukan warna,karena memang demikian cara kerja mesin printer

Penyusutan juga di pengaruhi dari berapa banyak tinta yang di gunakan pada desain tersebut,semakin banyak tinta maka akan semakin menyusut contohnya desain blok warna.

Satu lagi kelebihan spanduk dan umbul umbul kain proses printing kan yaitu adalah keakuratan detail gambar,ini karena tanpa menggunakan film yang menngunakan raster untuk bagi warna seperti proses sablon manual.